cover
Contact Name
Sulistyo
Contact Email
endiswk@unikama.ac.id
Phone
+62341-801488
Journal Mail Official
jurnal.modernisasi@unikama.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang Jl. S. Supriadi No. 48 Malang (65148)
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Modernisasi
ISSN : 0216373X     EISSN : 25024078     DOI : https://doi.org/10.21067
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ekonomi Modernisasi is a peer-reviewed journal that disseminates research in the fields of management and accounting. The journal publishes issues every February, June, and October. It covers a large variety of topics of management and accounting as a medium for practitioners, academics, independent researchers to publish articles that contribute to the development of science. The journal is published with fully open access. Jurnal Ekonomi Modernisasi was firstly published in printed version in 2005 (ISSN 0216-373X), but since 2016, the journal has been published online (ISSN 2502-4078). It is published by the Economics and Business Faculty, University of Kanjuruhan Malang, Indonesia. Jurnal Ekonomi Modernisasi promotes the ideas and information among researchers that have been achieved in the area of: financial management, marketing management, human resource management, behavior organizational, good governance, strategic management, entrepreneurship, management accounting, financial accounting, public sector accounting, Islamic accounting, auditing, taxation, business ethics.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 3 (2014): Oktober" : 5 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PERILAKU ETIS DALAM PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH Fauzan, Fauzan
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 10 No. 3 (2014): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.282 KB) | DOI: 10.21067/jem.v10i3.776

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh penerapan good corporate governance terhadap perilaku etis dalam pengelolaan Dana BOS SMP di Kota Malang. Jenis penelitian adalah survey. Populasinya adalah kepala sekolah SMP baik negeri dan swasta penerima Dana BOS. Ada 24 SMP Negeri dan 66 SMP Swasta penerima Dana BOS. Teknik pengambilan sampelnya adalah simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua variabel independen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Secara parsial, transparansi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pengelolaan dana BOS. Akuntabilitas berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap pengelolaan dana BOS. Partisipasi masyarakat berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap pengelolaan dana BOS. Transparansi yang paling dominan mempengaruhi pengelolaan dana BOS.
MODEL MEKANISME ADMINISTRATIF TERINTEGRASIPADA IMPLEMENTASI STRATEGI DI LEVEL UNIT BISNIS STRATEGIS Sulistiani, Dwi
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 10 No. 3 (2014): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.733 KB) | DOI: 10.21067/jem.v10i3.783

Abstract

Tulisan ini menindaklanjuti pandangan terpadu tentang elemen penting dari tiga mekanisme administratif: struktur organisasi, sistem kontrol dan manajer yang berkaitan dengan perbedaan dalam strategi kompetitif SBU (strategic business unit).Tulisan ini berdasarkan penelitian Govindarajan (1988) yang mencoba menemukan model untuk implementasi beragam strategi SBU yang dijalankan oleh korporasi berbeda. Hasilnya ditemukan bahwa lokus kontrol internal manajerial yang tinggi dan emphasis yang rendah pada pemenuhan sebuah budget berhubungan dengan kinerja tinggi dalam SBU yang menjalankan strategi diferensiasi. Hasil berbasis analisis sistem menunjukkan bahwa ketika gaya evaluatif budget, desentralisasi dan lokus kontrol berhubungan untuk memenuhi kebutuhan strategi SBU, maka dihasilkan kinerja superior. Kesesuaian sistem ini adalah sangat kuat antar SBU diferensiasi, tapi tidak begitu kuat antar unit low cost
ANALISIS POSISI BERSAING UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI KRIPIK TEMPE DI KOTA MALANG Rusno, Rusno
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 10 No. 3 (2014): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.196 KB) | DOI: 10.21067/jem.v10i3.784

Abstract

Industri kripik tempe di desa Sanan Malang merupakan bagian dari UMKM mengalami perkembang-an yang cukup baik. Hingga akhir tahun 2013 kemarin berjumlah kurang lebih 65 pengrajin, bahkan saat ini Sanan sudah menjadi sentra industri kecil penghasil kripik tempe dan menjadi salah satu pro-duk unggulan kota Malang. Namun dalam perjalanannya industri ini banyak mengalami masalah diantaranya banyak pesaing yang terus masuk dalam bisnis ini. Hal ini mengakibatkan persaingan yang semakin ketat sehingga para pelaku harus dapat menentukan strategi untuk dapat memenangkan persaingan, maka Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana posisi bersaing dan penetapan strategi pemasaran produsen kripik tempe di kota Malang. Jenis penelitian ini adalah confirmatory research. Sebagai populasinya adalah pengusaha kripik tempe yang berlokasi di kecamatan Blimbing kota Malang yang berjumlah 65 pemilik home industri. Sampel dilakukan dengan teknik Simple random sampling berjumlah 33 pengusaha industri kripik tempe. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner, dan teknik analisis data dengan teknik deskriptif dan tabulasi silang. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil penelitian bahwa posisi bersaing industri kripik tempe di Sanan terdapat 4 cluster yang terbagi dalam : Cluster 1 (pemimpin pasar/market leader) beranggota-kan 1 perusahaan. Cluster 2(penceruk pasar/market nicher) beranggotakan 13 perusahaan, Cluster 3 (penantang pasar/market challenger) beranggotakan 8 perusahaan dan cluster 4 (pengikut pasar /market follower) beranggotakan 11 perusahaan. 
ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN BI RATE TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA) BANK SYARIAH DI INDONESIA Alim, Syahirul
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 10 No. 3 (2014): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3215.862 KB) | DOI: 10.21067/jem.v10i3.785

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari website Bank Indonesia. Data yang digunakan merupakan data runtut waktu dari bulan Oktober 2008 sampai dengan Oktober 2013. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari : (a) Uji Normalitas; (b) Uji Multikolinearitas; (c) Uji Heteroskedastisitas; (d) Uji Autokorelasi. Selanjutnya digunakan uji statistik yang terdiri dari; (a) Uji T; (b) Uji F; dan (c) Uji Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (a) Inflasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA) ; (b) BI Rate berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA) ; (c) Inflasi dan BI Rate secara bersama-sama tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) ; (d) Variabel inflasi dan BI Rate hanya mampu menjelaskan 1,8 % dari terjadinya perubahan nilai Return On Assets (ROA) Bank Syariah di Indonesia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel inflasi dan BI Rate hanya memiliki pengaruh yang rendah dan tidak signifikan terhadap Return On Assets. Hal ini dikarenakan sistem operasional Bank Syariah yang tidak menggunakan bunga, sehingga pengaruh inflasi dan BI Rate hanya sedikit memengaruhi resiko operasional dan resiko kredit. Diharapkan bagi perbankan syariah untuk terus memantau nisbah bagi hasil dan margin yang ditawarkan kepada nasabah supaya nilai Return On Assets tidak mengalami penurunan apabila terjadi krisis moneter yang disebabkan oleh inflasi dan BI Rate
RELIGIOUSITY COMMITMENT DALAM MEMODERASI HUBUNGAN BRAND AWARENESS TERHADAP NIAT PEMBELIAN Mudzakkir, Mohammad Fakhruddin; Nurfarida, Iva Nurdiana
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 10 No. 3 (2014): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.165 KB) | DOI: 10.21067/jem.v10i3.850

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Pengaruh brand awareness terhadap niat pembelian pada toko roti merk Islami, 2). Pengaruh religousity commitment terhadap niat pembelian pada toko roti merk Islami, 3). Peranan religousity commitment sebagai variabel moderator yang dapat memperkuat pengaruh brand awareness terhadap niat pembelian pada toko roti merk Islami. Jenis penelitian adalah survey. Populasinya adalah konsumen yang melakukan  pembelian pada 3 toko roti Merk Islami di Kota/Kabupaten Malang, yaitu Toko Roti Amanah, Toko Roti As Sunnah, dan Toko Roti Madinah. Teknik pengambilan sampelnya adalah accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis Moderated Regression Analysis. Hasil analisis menunjukkan variabel brand awareness  dan religousity commitment berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian. Religousity commitment tidak dapat berperan sebagai variabel moderasi terhadap hubungan brand awareness terhadap niat pembelian merk produk Islam

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol. 19 No. 1 (2023) Vol. 18 No. 3 (2022) Vol. 18 No. 2 (2022): Juni Vol. 18 No. 1 (2022): Februari Vol. 17 No. 3 (2021): Oktober Vol. 17 No. 2 (2021): Juni Vol. 17 No. 1 (2021): Februari Vol. 16 No. 3 (2020): Oktober Vol. 16 No. 2 (2020): Juni Vol. 16 No. 1 (2020): Februari Vol. 15 No. 3 (2019): Oktober Vol. 15 No. 2 (2019): Juni Vol. 15 No. 1 (2019): Februari Vol. 14 No. 3 (2018): Oktober Vol. 14 No. 2 (2018): Juni Vol. 14 No. 1 (2018): Februari Vol. 13 No. 3 (2017): Oktober Vol. 13 No. 2 (2017): Juni Vol. 13 No. 1 (2017): Februari Vol. 12 No. 3 (2016): Oktober Vol. 12 No. 2 (2016): Juni Vol. 12 No. 1 (2016): Februari Vol. 11 No. 3 (2015): Oktober Vol. 11 No. 2 (2015): Juni Vol. 11 No. 1 (2015): Februari Vol. 10 No. 3 (2014): Oktober Vol. 10 No. 2 (2014): Juni Vol. 10 No. 1 (2014): Februari Vol. 9 No. 3 (2013): Oktober Vol. 9 No. 2 (2013): Juni Vol. 9 No. 1 (2013): Februari Vol. 8 No. 3 (2012): Oktober Vol. 8 No. 2 (2012): Juni Vol. 8 No. 1 (2012): Februari Vol. 7 No. 3 (2011): Oktober Vol. 7 No. 2 (2011): Juni Vol. 7 No. 1 (2011): Februari Vol. 6 No. 3 (2010): Oktober Vol. 6 No. 2 (2010): Juni Vol. 6 No. 1 (2010): Februari Vol. 5 No. 3 (2009): Oktober Vol. 5 No. 2 (2009): Juni Vol. 5 No. 1 (2009): Februari Vol. 4 No. 3 (2008): Oktober Vol. 4 No. 2 (2008): Juni Vol. 4 No. 1 (2008): Februari Vol. 3 No. 3 (2007): Oktober Vol. 3 No. 2 (2007): Juni Vol. 3 No. 1 (2007): Februari Vol. 2 No. 3 (2006): Oktober Vol. 2 No. 2 (2006): Juni Vol. 2 No. 1 (2006): Februari Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober Vol. 1 No. 2 (2005): Juni Vol. 1 No. 1 (2005): Februari More Issue